Tuesday, 7 April 2015

Kategori: , ,

Soal-soal tentang pengolahan sampah padat dan vector

Soal-soal tentang pengolahan sampah padat dan vector



      1.   Sebutkan beberapa sumber sumber smapah dalam kehidupan sehari-hari..!
Dari   Rumah Tangga, Daerah  Pemukiman, Daerah  Perdagangan, Daerah Industri, Daerah  Perternakan, Daerah   Pertanian, Daerah  Pertambangan Dan Dari  Daerah  Perkantoran   
     2.   Sebutkan jenis jenis sampah yang mudah membusuk dan tidak membusuk..!
Sampah yang mudah membusuk seperti potongan daging, sisa-sisa makanan, dedaunan dan buah-buahan, sedangkan sampah yang tidak membusuk seperti plastik, kaleng, karet, kertas mika dan seng-seng bekas.
     3.   Jelaskan pengertian sampah dalam ilmu kesehatan lingkungan..!
Dalam ilmu kesehatan lingkungan sampah disebutkan  “refuse “ artinya adalah :  suatu yg tidak dipakai, tidak disenangi  dan harus  di  buang umumnya berasal dari rt  dan  industri.
     4.   Sebutkan Undang-undang yang mengatur tentang sampah..?
Undang-undang ri no. 18 tahun 2008, lembaran negara  no.69, tentang pengelolaan sampah. Ada 18 bab,  49 pasal
     5.   Sebutkan apa pengaruh sampah bagi kesehatan..!
Secara langsung sampah dapat menyebabkan cacingan dari sampah rumah tangga  apabila kontak langsung dengan sampah, dan menjadi tempat terjadinya penyakit-penyakit yang di hasilkan vektor-vektor pembawa penyakit seperti lalat dan tikus, karna sampah menjadi tempat berkembang biak.
     6.   Sebutkan apa pengaruh sampah terhadap lingkungan..!
Adapun pengaruh sampah terhadap lingkungan apabila pengelolaan sampah  yang kuraang saniter dapat merusak pandangan mata. Dan hasil dari pembakaraan sampah asapnya dapat  mengganggu pernapasan, penglihatan, dan penurunan kwalitas udara, dan dapat mengabitkan banjir apabila sampah menumpuk pada selokan.
     7.   Sebutkan apa pengaruh sampah terhadap social masyarakat..!
Pengelolaan sampah  yang kurang baik pada  suatu  masyarakat akan  mencerminkan status  keadaan  sosial di  daerah. Dan kemudian Dapat  menyebabkan keributan  antara yang membuang  sampah dengan yang  rumahnya dekat  dengan tpa. Akan sangat berdampak pada social masyarakat.
     8.   Sebutkan apa tujuan dari pada pengelolaan  sampah padat.!
Tujuannya adalah Untuk  mencegah terjadinya  penyakit, Konservasi  sumber daya  alam, kemudian untuk Mencegah  gangguan  estetika dan Memberi insentif  untuk  daur  ulang
    9.   Mengapa sampah sulit di kelola. Jelaskan..!
Karna Cepatnya  perkembangan tehnologie dari  pada  kemampuan masyarakat mengelola  sampah, Meningkatnya  tingkat  hidup masyarakat yang  tidak  disertai dengan  pengetahuan ttg  sampah, sulit  mendapatkan tempat  pembuangan  akhir sampah, Kurangnya  pengawasan dan pelaksanaan peraturan
     10.                Sebutkan penyakit-penyakit yang menjadi penyakit bawaan sampah..?
Bawaan dari lalat (Dysentri Basiler, Dysentri Amuba, Thypus  Abdominalis, Cholera, Ascariasis, Ancylostomiasis). Bawaan dari tikus (Pes, Rat Bit Fever), Keracunan (Metan, CO2, Dioxida, Logam berat),

    11.                Dalam pengelolaan sampah di bagi ke dalam 3 fase. Jelaskan fase-fase tersebut..!
fase  refuse  storage  yaitu  fase penyediaan dan pengumpulan, fase  refuse collection yaitu  fase pengumpulan dan pengangkutan, dan fase  refuse  disposal

     12.                Sebutkan syarat-syarat pada  container sampah..!
isi max 1  m 3, jangan dilakukan di dalam rumah, kontruksi  kuat dan tidak  bocor, mudah di bersihkan dan diangkat, bahan  kedap  air dan tahan  karat

     13.                Fase pengumpulan dan pengangkutan sampah ada 2 tipe. Sebutkan  tipe-tipe apa saja..!
Ada 2 tipe fase dalam pengumpulan sampah dan pengangkutan sampah yaitu Tipe terpisah dan tipe tercampur
    14.                Jelaskan apa yang di maksud dengan fase refuse storeg dalam pengelolaan sampah..!
Penyediaan  jumlah refuse  container, pemilihan dan  penyediaan  container yang  baik  dan  saniter , pemilihan  letak, perawatan dan  pemeliharaan  container 
      15.                Sebutkan criteria sampah berdasarkan zat kimia..?
Sampah organik  :  sisa   makanan,   kertas,  plastik  daun daunan, sampah  anorganik  :    logam, gelas  abu
    16.                Coba anda sebutkan sampah-sampah yang di hasilkaan dari buangan industry..!
Sampah dari buangan industry antara lain , Radio Aktif, bahan kimia yang toxit, sampah biologie, dan sampah yang mudah terbakar dan mudah meledak.
    17.                Sampah biologi, bahan kimia toxit dan radio aktif merupakan sampah kusus. Sebutkan dari pada penghasil sampah tersebut.
Sampah tersebut di hasilkan dari buangan industry dan buangan rumah sakit.
    18.                Jelaskan tentang fase refuse storage dalam peengelolaan sampah.!
dalam pengelolaan sampah, fase refuse storage merupakan fase yang sangat penting dan juga sulit dalam pengelolaan sampah, adapun yang menjadi penting adalah karna member pengaruh terhadap tinggi rendahnya kehidupan vector penyakit seperti lalat dan tikus. Dan yang menjadi sulit karna erat kaitannya dengan kehidupan individu.
    19.                Sebutkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh sampah dan dapat menimbulkan kematian..!
Adaput penyakit yang dapat menyebabkan kematian yang di hasilkan dari sampah adalah. Diare, disentri, cacingan,, malaria dan kaki gajah 
     20.                Sampah basah di identik dengan tempat bersarangnya dan berkembang biaknya vector seperti lalat, kecoa, nyamuk dan tikus. Coba anda jelaskan..
Karna,  lalat tertarik kepada tempat2 yang kotor yang basah yang memiliki sampah, karna pada sampah basah merupakan tempat berkembang biak dan sekaligus sebagai makanan, kemudian begitu juga dengan kecoa yang suka tempat2 lembab yang kotor dan baud an gelap, menjadi tempat berkembang biaknya pada celah celah sampah tersebut. Dan begitu juga dengan tikus yang suka dengan tempat2 gelap dan lembab untuk tempat persembunyiannya sekaligus tempat makanan baginya, lainya seperti nyamu kususnya nyamuk aides dan culex yang suka bersarang pada genangan air.


     21.                Jelaskan bagaimana hubungan sampah dengan penyakit DBD..!
DBD merupakan penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk, yaiutu nyamuk aides. Dan nyamuk aides ini biasanya berkembang  biak pada sampah kalengm kantong plastic, pecahan gelas/botol yang menjadi tempat genangan air, tempat ini sangat di senangi oleh nyamuk aides sebagai tempaat berkembangnya.  Jjadi, sampah memilki hubungan erat sebagai terjadinya penyakit DBD karna nyamuk yang berkembang biak pada sampah.
   22.        Apakah dampaak negative dari sampah yang berlangsung secara anaerobic..?
Sampah yang berlangsung secara anaerobic dan berlangsung lama dalam pembusukannya seperti samapah-sampah plastic, pecahan kaca, dan karet dapat mencemari tanah sehingga dalam waktu lama ti dak dapat dijadikan tempat tanam menanam lagi (lahan kritis).
  23. Apa yang akan terjadi dari hasil proses pembusukan sampah yang menghasilkan gas-gas seperti CO2, H2S, CH4, dan NH3.!
Maka akan terjadi pencemaran udara oleh gas-gas tersebut dan menimbulkan bau tidak sedap, dan apabila di bakar maka pencemran udara lebih tinggi yang di sebabkan oleh gas CO2 dan CO.


0 komentar:

Post a Comment

BERKOMENTAR SESUAI PERLUNYA. MEMPUNYAI PERTANYAAN ATAU PERMINTAAN, SILAHKAN KOMENTAR

Subscribe