Wednesday, 15 April 2015

Kategori: ,

Contoh Sebuah Laporan Presentasi

Contoh Sebuah Laporan Presentasi



Laporan Presentasi


Hari,tanggal   : -
Pukul              : -
Judul              : -
Pemateri         : -
Moderator      : -
Penanya         : -


Pertanyaan pertama oleh Lailul Ansari

Pertanyaannya adalah “Jelaskan apa hubungan antara ketiga faktor sosial dalam pembelajaran bahasa kedua?
Jawabannya adalah “ Ada tiga faktor sosial yang mempengaruhi dalam pembelajaran bahasa kedua. Pertama, faktor sosial budaya; kedua sosial ekonomi; dan yang ketiga sosial pendidikan. Dimana budaya sosial itu mencakup kebiasan kelompok yang tinggal di kota dengan kebiasaan kelompok yang tinggal di desa itu berbeda. Orang kota secara garis besarnya itu mempunyai tingkat ekonomi yang tinggi (menengah ke atas) sedangkan yang di desa itu tingkat ekonominya rendah (menengah ke bawah). Nah, sosial ekonomi di sini sangat berpengaruh bila mana seseorang itu hendak belajar bahasa kedua secara formal, dia pasti akan membutuhkan biaya untuk les, beli buku, beli kamus, dan lain sebagainya. Sedangkan yang ekonominya rendah, mereka tidak sanggup untuk itu. Untuk makan saja terkadang susah apalagi untuk membeli keperluan seperti itu. Begitu juga dengan tingkat sosial pendidikannya. Pendidikan yang harus berlanjut dan terus berlanjut setelah tamat sekolah dasar (SD), meraka akan melanjutkan ke SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Belum lagi halnya jka harus private. Jadi, hubungan antara tiga faktor ini sangatlah erat dan saling berhubungan.


Pertanyaan kedua oleh Lisanuddin

Pertanyaannya adalah “ Bagaimana pengaruh faktor sosial  budaya terhadap anak-anak?
Jawabannya adalah “ Sebagaimana kita ketahui bahwa budaya adalah kebiasaan. Sosial budaya berarti kebiasaan suatu kelompok. Nah, hal ini pada diri si anak sangat bergantung dengan siapa dia bergaul dan dimana dia tinggal. Jika pergaulannya hanya dengan anak-anak yang seumurannya yang mana mereka menggunakan bahasa daerah, itu artinya tidak akan berpengaruh apa-apa. Namun, lain halnya, jika ada salah seorang anak bergaul dengan kelompok yang menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, dia pasti akan mengikutinya baik itu terdorong karena motivasi dari dalam diri sendiri ataupun karena keadaan yang menuntutnya karena jika tidak dia tidak akan dapat berkomunikasi dengan yang lainnya.

Tambahan dari Ayu Puspa Nanda

“Salah satu contohnya adalah orang-orang yang tinggal di kota-kota besar ataupun pinggiran kota, misalnya Tanggerang. Saya sendiri merasakan bahwa pemerolehan bahasa daerah saya tidak maksimal dikarenakan penduduk yang dominan tinggal di Tanggerang bukan lagi suku asli sunda melainkan dari perpaduan semua budaya. Oleh karena itu pemerolehan bahasa pertama saya adalah bahasa Indonesia dan bahasa kedua adalah bahasa sunda dan bahasa Inggris.

Begitulah Contoh Laporan Presentasi
Pages: 1 2 3

2 komentar:

BERKOMENTAR SESUAI PERLUNYA. MEMPUNYAI PERTANYAAN ATAU PERMINTAAN, SILAHKAN KOMENTAR

Subscribe