Monday, 16 September 2013

Kategori:

Soal dan jawaban Agama ruang A ( fkm unmuha aceh )

Soal agama ruang A (fkm unmuha aceh)


ini sebuah revisi jawaban yang fauzar temukan. nanti kalian rubah lagi juga boleh.






1. Apakah yang di maksud dengan agama itu..?
sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

2. apakah perbedaan antara agama dengan addin..?
Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan.
Ad-din adalah kepatuhan terhadap sesuatu yang mampu mengatur segala kehidupan di dunia dan akhirat secara lengkap dan menyeluruh.

3. sebutkan definisi dinul-islam..!
Dinul Islam itu adalah agama pembawa keselamatan kepada umat manusia sepanjang hamba Allah tersebut menjalankan syari'at dinul Islam itu sendiri yang berlandaskan al-Qur'an dan Hadist.
Dalam al-Qur'an disebutkan dalam surah Ali ‘Imran: 19


                                      “Sesungguhnya agama yang di ridhoi Allah di sisi-Nya ialah Islam.”

4. terangkan perbedaan antara dinul islam dengan syariat islam..?
Dinul Islam itu adalah agama pembawa keselamatan kepada umat manusia sepanjang hamba Allah tersebut menjalankan syari'at dinul Islam itu sendiri yang berlandaskan al-Qur'an dan Hadist  sedangkan Syariat Islam berarti jalan yang sesuai dengan undang-undang (peraturan) Allah SWT. Allah menurunkan agama Islam kepada Nabi Muhammad saw. secara lengkap dan sempurna, jelas dan mudah dimengerti, praktis untuk diamalkan, selaras dengan kepentingan dan hajat manusia di manapun, sepanjang masa dan dalam keadaan bagaimanapun.


5. berapa macamkah agama yang ada di dunia.?
- Hindu dengan bahasa sangkerta.
- Budha dengan bahasa pali.
- Zoroaster dengan bahasa Persia.
- yahudi dengan bahasa ibrani.
- Kristen dengan bahasa aram.
- islam dengan bahasa arab.
- sikh dengan bahasa Punjabi.

6. terangkan sekilas antara agama hindu dan agama budha..?
Agama Hindu merupakan agama yang lahir di anak benua India. Agama ini diperkirakan berkembang dari sungai Sindhu di bagian utara India. Kitab suci agama ini adalah Weda dengan bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu (Bahasa Sanskerta). Dalam Reg Weda, bangsa Arya menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya anak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Di dunia agama Hindu merupakan agama terbesar ketiga dengan jumlah penganut sekitar 1 milyar. Sedangkan bahasa Sanskerta yaitu bahasa asli Weda hanya digunakan kurang dari 200 ribu orang diseluruh dunia. Bahasa Sanskerta merupakan bahasa klasik di India dan merupakan satu dari 23 bahasa resmi di India. Bahasa ini pernah berkembang di nusantara Indonesia dan mempengaruhi bahasa lokal seperti bahasa Jawa.

Budha merupakan ajaran yang dikembangkan oleh Sidharta Gautama sekitar abad 6 SM. Ajaran ini muncul sebagai reaksi dari ajaran Brahmanisme. Di negeri asalnya India dan Nepal, agama Budha kehilngan pengaruh, justru aqjaran ini berkembang luas di Asia Timur dan Asia Tenggara. Budha merupakan agama terbesar ke-4 di dunia dan merupakan agama dengan pertumbuhan tercepat ke-2 setelah Islam. Kumpulan ajaran Budha di kumpulkan dalam 3 buah kitab (Tripataka) yang berbahasa Pali. Kata Pali sendiri artinya adalah “baris/garis” atau “teks (karonik)”. Bahasa Pali termasuk rumpun bahasa Indo-Arya. Oleh pakar dinyatakan bahwa sang Buddha adalah penutur bahasa Magadhi. Bahasa Pali oleh penganut Buddha dianggpa mirip dengan bahasa Pali. Sekarang penutur bahasa Pali tersebar dari India Timur, Nepal, Srilanka, Thailand hingga Kamboja

7. terangkan perbedaan dan persamaan antara agama islam dengan agama Kristen dan agama yahudi..?
Persamaan
agama islam, Kristen/nasrani, dan yahudi merupakan agama samawi yaitu agama yang diturunkan dari langit. Umat yahudi memiliki kitab taurat, namun belakangan umat yahudi lebih percaya pada kitab talmud,sedangkan umat Kristen/nasrani memiliki kitab injil dan islam memiliki kitab Al- Qur’an.
Perbedaan
Yahudi yaitu mereka baru percaya & yakin pada Robb (Tuhan) yang ada di dalam Taurat apabila mereka sudah dapat melihatnya (di bumi), sehingga mereka menunggu sang Messiah yaitu Al-Masih Ad-Dajjal alias si Mata Satu yang akan membuat agama Yahudi satu - satunya agama yang berdiri di dunia ini (sebelum kiamat). Jadi Dajjal Si Mata Satu adalah wujud Robb (Tuhan) yang turun ke bumi untuk menyelamatkan mereka sebelum kiamat nanti. Sedangkan Kristen/Nasrani adalah adanya Trinity yaitu adanya 3 Tuhan dimana Allah sebagai Bapak Yesus & suami Marya, Bunda Marya sebagai istri Allah & ibu Yesus, dan Yesus adalah anak Allah & Marya. Jadi itu diyakini karena Marya melahirkan Yesus tanpa ada seorang lelaki yang menyentuh Marya, melainkan karena perantara Roh Kudus yang memasukkan Roh Allah ke dalam rahim Marya. Sedangkan Islam adalah Tauhidulloh yaitu harus yakin dan percaya pada ke-Esa-an ALLOH dimana tiada Tuhan selain ALLOH dan tiada sekutu bagi ALLOH, serta meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi & Rosul terakhir, tidak ada Nabi dan Rosul baru setelah Nabi Muhammad s.a.w. Dalam Islam diwajibkan pula beriman kepada Nabi - Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w. mulai dari Nabi Adam a.s. sampai Nabi Isa a.s. Dalam Islam Nabi Muhammad s.a.w. menjelaskan kita tidak akan bertemu ALLOH s.w.t. di alam dunia ini, tetapi kita dapat bertemu ALLOH s.w.t. di akhirat (di surga atau neraka) nanti setelah melalui kematian atau setelah kiamat nanti dimana semua manusia akan dibangkitkan & dihidupkan untuk menghadapi Hari Perhitungan & Pembalasan.

8. sebutkan sumber-sumber syariat islam..?
Sumbernya ada 3. Sunnah, Ijma’, dan Qiyas
-Sunnah atau hadis asal katanya adalah perkataan ,sesuatu yang dikatakan atau yang baru, dalam istilah Al-sunnah adalah hal-hal yang datang dari rasulullah ,baik berupa ucapan ,perbuatan maupun taqrir (persetujuan ) adapun sunnah dari perkataan nabi (sunnah qauliyah ) adalah sunnah –sunnah rasul yang berupa ucapan didalm berbagai tujuan dan permasalahan.
-Ijma’ artiasalnya adalah bersatu ,berkumpul ,berkerumun sedangkan Ijma’ menurut ulama’ usul fiqih adalah kesepakatan semua mujtahid muslim pada suatu masa setelah wafatnya rasulullah SAW. Atas hukum syarak mengenai suatu kejadian.
-Qiyas menurut bahasa adalah ukuran , perbandingan sedangkan qiyas menurut istilah adalah memepersamakan hukum suatu perkara yang belum ada kedudukan hukumnya dengan perkara yang sudah ada hukumnya karna adanya illat ( persamaan antara parkara yang ada hukumnya dan yang belum ada hukumnya ) .

9. terangkan dengan ringkas kandungan al-quran nur-qarim..!
Al-Quran adalah kitab suci agama islam untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia dari awal diturunkan hingga hari akhir (kiamat).Di dalam surat-surat dan ayat-ayat alquran terdapat kandungan yang terbagi menjadi beberapa hal pengertian dari masing-masing kandungan.
di dalam alquran terdapat berbagai macam kandungan di dalamnya seperti : Aqidah, ibadah, Akhlak, hokum-hukum, tadzkir, sejarah atau kisah, dan dorongan untuk berpikir.

10. apakah yang di maksud dengan hadis Ijmak dan Qiyas..?
Hadis Ijma’ adalah hadis hasil dari kesepakatan para ulama ahli ijtihad (mujtahid) dari kalangan umat Muhammad setelah wafatnya beliau Shallallahu ’alaihi wa sallam pada masa tertentu akan suatu perkara agama.

    Dan hadis Qiyas adalah hadis yang menurut ulama ushul yang menerangkan sesuatu yang tidak ada nashnya dalam Al Qur’an dan hadits dengan cara membandingkan dengan sesuatu yang ditetapkan hukumnya berdasarkan nash.


good job masbroe n ibuk broe. kikuk..
good job masbroe n ibuk broe. kikuk..
good job masbroe n ibuk broe. kikuk..

0 komentar:

Post a Comment

BERKOMENTAR SESUAI PERLUNYA. MEMPUNYAI PERTANYAAN ATAU PERMINTAAN, SILAHKAN KOMENTAR

Subscribe