Saturday, 7 June 2014

Kategori: ,

Contoh Silabus Promosi Kesehatan

SILABUS


1.      Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah            : Promosi Kesehatan
Nomor Kode                     : PW 104
Jumlah SKS                      : 2 (1,1) SKS
Semester                            : 3
Kelompok Mata Kuliah    : MKK Program Studi
Program Studi                   : D3 Keperawatan (Konsentrasi Gerontologi) PKR
                                            FPOK UPI
Status Mata Kuliah           : Mata Kuliah Keahlian
Prasyarat                           : -
Dosen                                : dr. Hamidie Ronald D, M.Pd., AIFO

2.      Tujuan
     Setelah menyelesaikan mata ajaran ini melalui proses ceramah, tanya jawab, diskusi, seminar,serta praktek pengajaran, peserta didik mampu merencanakan program pengajaran yang dapat diterapkan di dunia pendidikan keperawatan baik di kelas maupun di lahan praktek laboratorium, klinik rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya yang didasari dengan rencana pengajaran yang benar dan terevaluasi

3.      Deskripsi
     Mata kuliah ini membahas mengenai pendidikan secara utuh khususnya pendidikan dalam dunia keperawatan termasuk didalamnya faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang melalui proses pendidikan serta rencana pengajaran yang akan dilakukan di kelas maupun di klinik sampai dengan evaluasi pengajaran.

4.      Pendekatan Pembelajaran
  1. Metode: Ceramah dan tanya jawab, diskusi dan seminar, studi kasus, role play
  2. Tugas: Mengkaji konsep dan prinsip, makalah, presentasi/seminar, tugas individu dan kelompok
  3. Media: LCD Projector, Laptop, dan TV, Laboratorium

5.      Evaluasi
1. Pre test dan post test                              : 10 %
2. Tugas mandiri                                         : 15 %
3. Ujian Tengah Semester (UTS)               : 25 %
4. Ujian Akhir Semester (UAS)                 : 30 %
5. Praktek pengajaran mandiri (role play)  : 20 %
                                                            100 %

6.      Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1:
Pertemuan 2:

Pertemuan 3:
Pertemuan 4:
Pertemuan 5:

Pertemuan 6:

Pertemuan 7:
Pertemuan 8:
Pertemuan 9:
Pertemuan 10:
Pertemuan 11:
Pertemuan 12:

Pertemuan 13:
Pertemuan14:
Pertemuan 15:
Pertemuan 16:

Pendidikan dalam keperawatan
Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memerlukan proses pendidikan
Strategi Belajar Mengajar
Rencana pengajaran
Persiapan pengajaran, pelaksanaan dan evaluasi pengajaran klinik
Kerangka dan cara pembuatan Satuan Acara Pengajaran (SAP)
Evaluasi Pendidikan
UTS (Ujian Tengah Semester)
Konsep pendidikan kesehatan
Konsep perilaku yang berkaitan dengan kesehatan
Penyuluhan dan promosi kesehatan dan model
Pendekatan proses promosi dan langkah-langkah pendidikan kesehatan
Alat bantu dan media desain produk
Komunikasi untuk pendidikan kesehatan
Etika promosi kesehatan
UAS (Ujian Akhir Semester)

7.      Daftar Buku

  1. Berkowitz, D.C. 1996. Fundamental of Nursing.
  2. Roestiyah. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Universitas Terbuka. 1999. Materi Pokok Akta IV (Program Pengalaman Lapangan).
  4. Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jenderal Tinggi Depdikbud. 1997. Buku Ajar Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) untuk Dosen Muda.
  5. Machfoez & Suryani. 2007. Pendidikan kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.

0 komentar:

Post a Comment

BERKOMENTAR SESUAI PERLUNYA. MEMPUNYAI PERTANYAAN ATAU PERMINTAAN, SILAHKAN KOMENTAR